Tutup Komentar di Blogspot

Ada cewek penasaran (inisialnya V-A-N-I-S-A) dengan tulisanku di blog galautraveler.wordpress.com yang bisa ditutup komennya. Maksudnya adalah postingan di blog tapi pembaca tidak diperkenankan untuk komentar. Dia tanya melalui sebuah pesan di Whatsapp.

"Mas, sayang, itu gimana caranya kok postingannya bisa ditutup komennya?"
"Nggak pake sayang, plis, nanti dimarahin sama yang aslinya ngechat lho," aku membalas.





Oke oke. Chat sebenernya sih cuma "Itu gmana caranya biar postingannya bisa ditutup komennya?" ngga ada embel embel sayang atau bahkan mas. Itu biar dramatis aja.

Karena si embak ini udah lama berkecimpung dalam dunia perbloggeran endonesa, aku heran, jelas. Lha masa begitu doang kagak tau sih. Tapi ya aku wajarin aja, soalnya dia main di blogspot bukan di wordpress.
Meskipun aku sendiri juga punya blog di blogspot, tapi gak pernah tak pake. Tulisan pertama dan terakhir aja udah beberapa bulan yang lalu. Hehehe.
(Baca cerita sebelumnya di sini)

Mungkin emang caranya agak ribet. Soalnya kalo di wordpress cara buat closed comment itu agak ribet. Jadi ya percakapan itu berlalu begitu saja.

Setelah beberapa lama, aku iseng deh pengen membuktikan caranya biar bisa posting di blogspot tanpa bisa dikomentari. Akhirnya aku buka kembali kenangan akun di blogspot, terus nyoba bikin draft, terus ngecek gimana caranya biar postingan ini nggak bisa dikomen.

Ternyata caranya gampil alias gampang. Jauh.. jauh lebih gampang dari wordpress.

Jadi caranya gini, semoga kamu juga baca ya.
Pertama, bikinlah satu postingan baru. Atau postingan lama juga nggak apa-apa. Bebas. Terserah. Soalnya cewek cantik nggak pernah salah.
Kedua, tengok sebelah kanan layar laptop anda. Di situ ada bagian "pilihan" atau "option". Klik aja itu.
Ketiga, di bagian tersebut nanti ada opsi komentar pembaca. Tinggal centang aja terserah yang mana. Mau izinkan kalau mau diizinkan, mau jangan bolehkan tapi biarkan komen yang udah ada tetep muncul, atau jangan bolehkan dan menyembunyikan komentar yang udah ada.
Keempat, tinggal diupdate deh.

Ikuti tanda panah


Nanti jadinya kayak tulisan ini

Alasannya apa sih emang kok nggak pengen dikomentari, bukannya tulisan kalo dikomen lebih bagus ya? Kan mendekatkan diri antara pembaca dan penulis.

Tiap penulis sih beda-beda, awalnya aku tau kalo postingan bisa ditutup komennya dari (alm) om cumilebay. Terus kalau aku sendiri kenapa diclosed comment biasanya kalo tulisannya aku ngerasa "kurang layak" tapi terpaksa diposting gitu. Hehehe.

Kalau alasan kamu? Ya bebas aja kan.

Udah ah, perut mules. Bhay. Sampai jumpa di tulisan selanjutnyaaaaa. 

Postingan populer dari blog ini

Main ke Klinik Kopi

Cara Posting Foto di Instagram lewat Web